Resep : Healthy Banana Oatmeal Date Milkshake

Halo! sebelumnya saya mau mengucapkan selamat berpuasa ya kepada yang menjalankan, semoga di bulan ini kita bisa berlomba-lomba mengejar pahala serta lancar berpuasa. By the way, menu favorit kalian ketika sahur dan berbuka apa sih? Kalau saya,menu wajib yang harus ada ketika sahur dan buka adalah : PISANG.

Kenapa pisang?
Pisang kaya akan manfaat, yaitu dapat menjadi tambahan sumber karbohidrat selain yang sehari-hari kita makan seperti nasi atau mie. Buah ini juga bagus untuk yang sedang berusaha menurunkan berat badan (hayo, siapa yang berpuasa tapi kok badan tetap melar, ngacung! *mengacungkan tangan sendiri*) karena dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama, serta kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Selain itu bagi saya, pisang adalah buah yang praktis untuk disimpan. Rasanya juga disukai oleh seluruh anggota keluarga saya. Pisang juga bagus untuk maag, yang sering muncul ketika berpuasa.

Selain itu, ada bahan-bahan makanan lain yang bagi saya dapat menjadi healthy energy booster ketika saya berpuasa:



Oatmeal
Banyak ahli gizi yang menyarankan pasien penyakit jantung untuk sering mengkonsumsi oatmeal karena bahan makanan ini baik untuk jantung. Ada juga sumber yang mengatakan kalau oatmeal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Wah penting banget nih, apalagi di bulan puasa ini daya tahan tubuh seringkali menurun. Menu favorit saya pun ketika sedang tidak enak badan pun adalah bubur oatmeal. Hmm gurih dan yummy!

Kurma
Nah kalau buah ini, juga wajib ada di meja makan saya. Rasanya yang manis dan legit membuat saya tidak cukup hanya makan satu saja. Buah ini dapat meningkatkan energi dengan cepat karena kandungan gula dan kalorinya tinggi. Berbuka dengan kurma, menghilangkan rasa capek dan letih yang dialami ketika berpuasa.

Susu Kacang-Kacangan
Favorit saya adalah soy milk dan almond milk. Lho kenapa tidak susu sapi? Saya juga suka kok susu sapi, tapi apa daya, perut saya sering berontak kalau terlalu banyak makan atau minum dairy product. Mungkin ini yang disebut lactose intolerance ya? Sehingga saya pun berpindah meminum susu kedelai dan susu almond. Susu-susu ini pun tidak kalah enak dengan susu sapi dan cukup bernutrisi. Buat para ibu menyusui pun kacang-kacangan dan gandum dipercaya dapat menjadi booster asi sehat untuk menyusui. Bagi saya, susu kedelai dan susu almond ini dapat menjadi hidangan berbuka yang terasa nyaman di perut.

Nah, sekarang saya mau berbagi resep sehat yang cocok diminum ketika sahur sebagai tambahan energi atau ketika berbuka sebagai hidangan manis yang mengembalikan kondisi badan kita yang lemas ketika berpuasa. Membuatnya pun gampang, cuma modal blender!



Healthy Banana Oatmeal Date Milkshake

Bahan-bahan:

1 buah pisang (dapat menggunakan pisang ambon matang atau sunpride. tips : kalau mau milkshakenya lebih creamy & ice cream-like, pisang tersebut bisa dikupas, dipotong-potong, lalu dibekukan dulu dalam freezer)
2 sendok makan oatmeal
5 buah kurma, buang bijinya
200 ml susu (dapat menggunakan susu kedelai, almond, atau UHT) --dingin lebih nikmat.
bubuk kayu manis secukupnya

Cara membuat:
  • Masukkan bahan-bahan ke dalam blender, lalu blender sampai lembut
  • Tuangkan ke dalam gelas saji
  • Taburkan sedikit bubuk kayu manis sebagai perasa (saya suka wangi spicy dari kayu manis, oh iya, menurut artikel ini kayu manis juga dapat mengurangi kadar kolesterol lho)
  • Milkshake siap diminum. Resep ini cukup untuk 1 porsi gelas besar.

Selamat mencoba! Eh jangan lupa, dicobanya setelah beduk ya :))


--Teteh Ani--



(sumber artikel dari : 1 | 2 | 3 |)


1 comment:

  1. Pisang + oatmeal + susu + kurma = FAVORITKUUUUUU SEMUAAAAAA ��

    ReplyDelete